PRESENTASI 2
KERAJINAN BAHAN
LATAR BELAKANG:
Berbagai
macam kerajinan bahan dimiliki indonesia. Mulai dari yang sederhana
hingga istimewa. Dari bahan bekas hingga bahan jual tinggi.Untuk itu
kami bemaksud mengembangkan sebuah produk dari bahan tak bernilai
menjadi benilai tinggi, yaitu Batik Mangrove. Sehelai kain batik yang
lahir dari inspirasi Mangrove dan Lingkungan. Seoggok limbah yang mampu
mengubah suatu kampung dan masyarakatnya menjadi lebih berdaya. Itulah
batik mangrove.
TUJUAN :
ü Melesatarikan hutan mangrove.
ü Meningkatkan ekonomi masyarakat.
ü Menggali kreatifitas masyarakat.
MANFAAT:
ü Abrasi dapat ditekan dengan maraknya penanaman mangrove.
ü Ekonomi masyarakat lebih sejahtera.
ü Kreatifitas dapat tersalurkan
A. PRODUK
1. Tembikar
2. Kerajinan Tangan dari Janur
1. Kembar mayang
2. Mayang sari
3. Penjor
3. Kerajinan Anyaman Pandan
4. Ayaman Bambu
5. Batik
B. PRODUKSI
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian.
Berikut beberapa macam-macam batik yang ada di Indonesia dan di jual di pasaran :
1. Batik Pekalongan
2. Batik Madura
3. Batik Keris
4. Batik Cirebon
5. Batik Purbalingga
6. Batik Kraton
7. Batik Seru(Rungkut Surabaya)
8. Batik Petani
Dalam tugas kali ini kami akan menjelaskan tentang Batik Mangrove :
Batik Mangrove / Batik Seru (Seni Batik Motif Mangrove Rungkut Surabaya)
1. Pengertian :
Dinamakan batik mangrove karena,
ü Motif Batik Mangrove diambil
dari beragam bentuk pohon mangrove, mulai dari daun, bunga, sampai
untaian buah, serta makhluk yang hidup di sekitarnya, seperti ikan,
kepiting, dan udang.
ü Pewarnanya berasal dari bagian pohon mangrove
ü Bertujuan untuk melestarikan hutan mangrove beserta pemanfaatanya.
2. Keistimewan /ciri khas
ü Desain batik hanya dibuat sekali sehingga eksklusif. Disertai pula sertifikat yang menulis nama pemilik serta motif kain batik itu.
ü kekhasan sulur-sulur mangrovenya dan selalu dalam bentuk batik tulis, bukan cetak.
ü Supaya
sesuai karakter Suroboyoan yang apa adanya dan terbuka, teknik
membatiknya pun tak selalu menggunakan canting. Sebagian dilukis dengan
kuas. Maka, batik mangrove Lulut terlihat bergaris lebih tebal dan kuat.
C. PROSES
Pra produksi
Mengumpulkan bahan dari,
Limbah pohon baik dari batang, buah, daun, dan bunganya.
Produksi
Limbah limbah tadi direbus hingga menghasilkan warna kekuningan.
Untuk menghasilkan warna yang beragam maka bagian
mangrove, ditambah bahan lain. Warna merah, misalnya, dibuat dari
caping bunga dan buah Bruguiera gymnorrhiza, kulit cabai merah, dan
secang. Warna kuning, menggunakan getah nyamplung, kunyit, dan batu
gambir. Ketika bahan-bahan pewarna alami itu mulai mengendap, Lulut akan
mengolahnya lagi supaya bisa digunakan kembali.
Pasca produksi
D. PENGEMASAN/PENYAJIAN
Pada umumnya batik hanya dikemas dengan plastik polos dan berlabel. Sedangkan penyajiannya dengan digelar begitu saja.
E. PERAWATAN
~
Jangan mencuci batik dengan mesin cuci, kalau tidak terlalu kotor cukup
dicelup di air hangat lalu dijemur di tempat yang teduh.
~
Hindari menyetrika batik. Tapi kalaupun Anda harus menyetrika, beri
alas kain lain dan setrika di atas kain tersebut. Sebaiknya juga hindari
menyemprotkan pewangi kain secara langsung ke kain batik karena akan
merusak corak batik.
~ Sedangkan cara menyimpannya anda simpan kain atau busana batik di dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Tidak perlu memberi kapur barus karena terlalu keras dan dapat merusak kain. Sebagai pengganti, bungkus merica dengan sehelai tisu untuk mencegah datangnya ngengat.
~ Sedangkan cara menyimpannya anda simpan kain atau busana batik di dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Tidak perlu memberi kapur barus karena terlalu keras dan dapat merusak kain. Sebagai pengganti, bungkus merica dengan sehelai tisu untuk mencegah datangnya ngengat.
~ Kadang masih banyak orang yang bingung dalam memilih batik yang asli atau yang tidak. Kuncinya sederhana, batik asli adalah batik yang alami, contohnya batik mangrove yang menggunakan pewarna dari mangrove yang dari segi warna tidak ngejreng.
F. WIRAUSAHA
Pemasaran Batik Mangrove melalui media online, cetak maupun langsung.
Perkenalannya melalui pameran baik dalam negeri maupun manca negara.
Penjualan
ü Mendesain model kemasan yang menarik semua kalangan, karena remaja merupakan penduduk yang mendominasi di indonesia.
ü Untuk menarik minat konsumen kami akan memberikan gantungan kunci batik couple.
G. MEMBUAT PRODUK/USAHA
Mengoptimalkan barang yang diminati remaja
ü Accessories
ü Tas
Mendesain baju dengan kombinasi batik
H. PENUTUP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar